Kenapa Saya dapat balasan saldo tidak cukup padahal sudah isi saldo?

Halo sahabat ajs.id, bagaimana kabarnya hari ini? saya doakan semoga sehat selalu iya. 😊

Artikel ini saya buat karena akhir akhir ini saya melihat Telegram customer service ajs.id banyak sekali pertanyanan dari sahabat kenapa balasan server saldo tidak cukup padahal kita sudah mengisi saldo, Hal ini terjadi ketika kita ingin Transaksi PPOB.

Oke Mari kita bahas, lalu sebenarnya apa yang terjadi? mengapa saldo ada tapi server membalas saldo tidak cukup?

Pertama-tama saya akan menjelaskan dahulu flow logika pada system ajs untuk menghandle transaksi saldo tidak cukup, normalnya pada transaksi reguler atau Produk dengan harga yang sudah fix system hanya membandingkan saldo mitra dengan harga pada system ajs, jika saldo lebih dari harga pada system maka transaksi akan di teruskan ke table penjualan, jika tidak system akan langsung memberitahu saldo mitra tidak cukup.
Sedangkan pada Transaksi PPOB atau produk dengan harga yang tidak fix system akan langsung memasukan permintaan transaksi ke table penjualan dan melakukan inquiry pada switching lalu membandingkan variable harga / tagihan dengan saldo sahabat. jika saldo sahabat kurang dari tagihan yg ditentukan maka system akan menggagalkan transaksi dan meresponse saldo tidak cukup.

Dari flow di atas kita tahu ada perbedaan yang mencolok, dimana transaksi ppob akan masuk dahulu ke table penjualan, sedangkan reguler tidak.
Jadi apa masalahnya dari flow diatas?
Kita semua tahu 90% dari kita ketika mendapatkan respon saldo tidak cukup pada system kita akan membuat status menjadi pending lalu akan kita kirim ulang ketika saldo sudah masuk, dan mayoritas dari kita menggunakan refid sebagai referensi unik untuk keamanan transaksi agar tidak terjadi insiden transaksi double. Problem terjadi ketika kita kirim ulang transaksi pending tersebut, yang otomatis referensi id tetap sama.
Pada kondisi tersebut system ajs.id akan mengecek dahulu apakah referensi id tersebut ada pada table penjualan atau tidak, jika ada system hanya akan merespon kembali status dari transaksi yaitu saldo tidak cukup, walaupun sebenarnya saldo agen sudah terisi.

Jadi apa solusinya?
Menurut saya cukup simple, ada 2 opsi.
opsi 1 selalu pastikan saldo sahabat cukup untuk melayani permintaan transaksi ppob dari mitra sahabat. 😁
opsi 2 jika terjadi case seperti diatas, gagalkan transaksi dan biarkan agen mengulang, dengan seperti itu referensi id yang diberikan sahabat kepada system ajs.id akan selalu berbeda.

Semoga artikel ini dapat membantu Menjawab Pertanyaan sahabat.

Share