Cara melakukan Traceroute pada windows

Traceroute atau yang biasa disebut tracert, digunakan untuk mengetahui rute suatu paket hingga mencapai tujuan. Pada panduan kali ini, Saya akan menjelaskan apa itu tracert dan bagaimana melakukan tracert dari komputer Windows.

Apa itu Tracert?

Tracert adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.

Cara melakukan Traceroute pada Windows

  1. Klik “Start” –> Run
  2. Setelah muncul pop up lalu Sahabat tinggal ketikkan –> CMD
  3. Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian Sahabat tinggal ketikkan –> tracert (spasi) “domain tujuan” atau
  4. tracert (spasi) “ip Address tujuan”

Dengan traceroute, kita dapat menganalisis informasi mengenai lokasi router, tipe dan kapasitas interface, tipe dan fungsi router, serta batas-batas network yang dilalui, berdasarkan DNS interface yang dilalui. Untuk lebih memperjelas, berikut ini adalah contoh hasil traceroute ke AJS.ID.

Hasil tracert diatas menunjukkan bahwa koneksi yang digunakan cukup stabil, terlihat 9 Hops (loncatan). Waktu dalam satuan ms (millisecond) sama seperti halnya Hops, semakin kecil waktu perpindahan data, maka akan semakin baik /cepat  Sahabat mengakses situs yang Sahabat traceroute  tadi.

Tetapi jika Sahabat melihat pada hasil tracert ada tanda  *  atau pesan “request timed out” pada hasil tracert Sahabat, maka disitulah masalah yang ada pada koneksi internet Sahabat.

Secara practical, traceroute digunakan sebagai bahan untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan penyebab Sahabat tidak bisa mengakses suatu website.

Jika Sahabat tidak bisa mengakses website Sahabat dan hasil tracert tidak complete, silahkan menghubungi support dari Penyedia hosting atau server dan informasikan hasil tracert tersebut untuk digunakan sebagai bahan analisa penyebab kemungkinan website Sahabat tidak bisa diakses, selain itu informasikan juga IP Publik koneksi Sahabat saat ini (Bisa diperiksa menggunakan layanan seperti “http://whatismyip.com) untuk mencegah kemungkinan IP Publik Sahabat terblok di sisi server.

Semoga bermanfaat 🙂